Senin, 04 April 2016

SELALU MERASA KEKURANGAN DAN MENGINGINKAN LEBIH BANYAK, AKAN MEMBUAT DIRI KURANG MENGHARGAI APA YANG SUDAH DIMILIKI. OLEH SEBAB ITU DIRI PUN POTENSIAL MENJADI TAMAK, KIKIR, DAN KUFUR NIKMAT ATAU MENJADI PENGUTANG TANPA RASA MALU. HADAPI. JALANI. SYUKURI. NIKMATI. HAYATI.

#aihhhguebanget...
#guemalu... #Hikz...


Orang yang berutang cenderung mengalami mimpi buruk di malam hari dan merasa malu di siang hari. Utang juga dapat mengakibatkan pengutang mengalami gangguan fisik dan emosional.

#Betapa menderitanya si Pengutang karena selama ia belum melunasinya, maka utang yang menggunung akan mengubur hidup-hidup dirinya.

#MELUNASI /membayar hutang menjadi salah satu langkah paling positif dan bermanfaat yang patut diambil oleh pengutang. Utang yang sudah lunas atau berkurang bisa memulihkan kesehatan, menghilangkan stress, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi sakit kepala bagi si Pengutang.

#HADAPI kenyataan hidup dan enyahkan gengsi, agar tidak tergoda untuk berutang apalagi sampai terjerat utang (bikin malu akhirnya bila banyak orang menagih utang dan tidak mampu membayar segera).

#INGAT orang yang berutang cenderung tidak menyadari sepenuhnya realitas situasi keuangan dirinya dan hidupnya semacam dalam penyangkalan (gengsi) yang justru akan membuat hidupnya menjadi rumit karena banyak utang.

Demi gengsi dan status sosial, banyak orang memilih berutang dan ujung-ujungnya bingung saat harus membayar/ melunasinya.

#HINDARI terpuruk dalam mentalitas serba kekurangan dan merasa hidup selalu dalam kesulitan : alih-alih berusaha menghadapi kenyataan hidup, mendapatkan penghasilan tambahan, dan keharusan bekerja cerdas.

Diri sendiri harus bersedia melakukan apa pun yang perlu dilakukan untuk menghasilkan pendapatan secukupnya demi melunasi dan terbebas dari utang secara permanen.

#MULAI berhemat, membatasi pengeluaran, dan nikmatilah kenyataan hidup. Apapun yang diperoleh atau penghasilan yang diterima harus diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan mendasar terlebih dahulu.

Bila ada sisanya, sebaiknya ditabungkan sebagai dana darurat. Bila banyak lebihnya silakan manjakan diri seperlunya. Bila pas-pasan atau bahkan kurang, harus segera dipikirkan bagaimana mendapatkan penghasilan tambahan agar kebutuhan dasar hidup dapat tercukupi.

#KEMBANGKAN investasi terbaik yang dapat dilakukan untuk menjamin masa depan. Buatlah prioritas dan mulailah prosesnya. Memang itu akan mengorbankan waktu senggang maupun energi, namun kelak hasil investasi tersebut akan sangat membantu mencukupi kebutuhan finansial diri bahkan dapat membantu orang lain atau orang banyak.

#YAKIN dan percayalah bahwa ALLAH SWT tidak mungkin membiarkan hambaNYA terpuruk selama ybs mau berusaha sungguh-sungguh memperbaiki keadaan dirinya.

#hijrah #evaluasidiri

Re-post dari FB Andikey Kristianto

0 comments:

Posting Komentar